10 Momen Mentok Yang Sering Terjadi, Ini Dia Solusinya

Momen mentok seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kaya kalau lagi ditanya setelah lulus SMA mau ambil jurusan apa, nah otak langsung mentok tu jawabnya. Kalau sudah begini, biasanya kamu jadi bingung harus melakukan apa supaya bisa keluar dari situasi tersebut. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena info di bawah ini sudah merangkum apa saja momen mentok yang sering kita alami dan cara terbaik untuk mengatasinya.

  1. Merasa bingung dengan tujuan hidup

    Buat kamu yang sering bingung dan khawatir tentang arah masa depan, kamu nggak sendirian kok. Belum lagi melihat teman-teman yang lain sepertinya sudah memiliki pencapaian, padahal bisa jadi yang mereka posting di media sosial hanyalah bagian yang bagus-bagus saja. Nggak sedikit juga yang merasa mentok karena kelihatannya “kok aku nggak ada progress ya?” Jika ini terjadi denganmu, coba rehat sejenak dari media sosial, lalu kenali dirimu sendiri lebih baik lagi.

  2. Habis lulus, ngapain lagi ya?

    Baik setelah lulus SMA atau S1, ternyata banyak lho yang merasa kebingungan apa yang harus dilakukan untuk langkah selanjutnya: Lebih baik cari kerja atau melanjutkan studi? Ingat, apapun jawabannya, jangan terburu-buru saat mengambil keputusan ya! Buat rencana yang matang sebelum kamu membuat keputusan besar seperti ini, supaya kamu dapat memilih karena dasar yang kuat, bukan emosi sesaat. Kamu bisa tu mengajukan magang atau kerja part time di beberapa tempat, untuk mencari tahu bidang pekerjaan mana yang emang beneran cocok buat kamu.

  3. Kena Writer’s block saat hampir deadline

    Ini dia momen mentok yang pasti hampir dirasakan semua orang: writer’s block alias stuck ketika kita sedang dituntut untuk harus menyelesaikan tulisan atau tugas. Wah, kenapa ya ide cemerlang susah sekali dicari di saat-saat seperti ini? Bisa jadi, kamu memang punya daya konsentrasi yang belum maksimal, sehingga sulit untuk fokus ketika mengerjakan sesuatu. Supaya tidak terulang kejadian yang sama, coba rehat sejenak dan konsumsi makanan atau multivitamin yang tinggi akan zat besi, karena zat besi telah terbukti mampu meningkatkan daya konsentrasi (1).

  4. Resign segan, lanjut bekerja pun tak mau

    Saat karir sudah terasa mentok dan tempat kerja yang sekarang kurang pas di hati, wajar saja jika kamu terjebak pada dilema ini. Ingin resign tapi takut tidak bisa mendapatkan pekerjaan di luar sana, sementara jika harus bertahan di perusahaan juga sudah tidak kuat. Kalau begini, cobalah mengkomunikasikan keluhanmu ke HRD. Jika memang keputusanmu adalah resign, siapkan waktu untuk memperbaiki CV-mu dan jangan gegabah untuk segera keluar apabila belum mendapatkan tawaran pekerjaan di tempat lain. Selain itu, pastikan bahwa kamu tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang di perusahaan lama, ya (2).

  5. Mentok saat menyusun CV

    Momen mentok lainnya bisa terjadi bagi kamu yang sedang menjadi jobseeker dan stuck ketika sedang mengedit CV serta portofolio yang akan kamu gunakan untuk melamar pekerjaan. Pasti ketika berada di posisi ini, kamu bingung harus menulis apa saja kan? Supaya CV-mu terlihat lebih profesional, sebaiknya pada kolom daftar pekerjaan isi dengan poin keberhasilan waktu masih bekerja di perusahaan yang lama daripada menuliskan deskripsi pekerjaan yang terlalu umum. Selain itu, jika kamu berencana untuk melamar di bidang yang berbeda, buatlah jenis CV yang sesuai dengan masing-masing peran tersebut agar CV-mu terlihat lebih fokus di mata HRD (3).

  6. Mentok ketika mengerjakan soal ujian

    Baik ujian tertulis maupun lisan, hal ini cukup membuat banyak orang menjadi gugup. Supaya otak kita dapat bekerja dengan baik ketika menghadapi ujian, biasakan untuk melatih memori dan logika berpikir. Menurut artikel yang dirilis oleh Harvard Medical School, meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik dan mempelajari hal baru ternyata mampu membantu otak kita untuk berpikir lebih lancar (4).

  7. Tersesat karena Maps

    Bayangkan kamu ingin mengunjungi suatu daerah yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Supaya bisa sampai ke sana, kamu mencoba untuk mengikuti petunjuk arah dari aplikasi Maps di ponselmu. Tapi, ternyata kamu malah berada di lokasi asing atau justru jalan yang kamu lalui jadi jauh berputar-putar. Jika sudah begini, berhenti sejenak dan cek apakah sinyal HP masih cukup bagus di daerah itu. Jika ada orang di sekitar, tanyakan informasi terkait arah jalan yang benar. Meski merupakan teknologi yang canggih, nyatanya kita masih bisa tersesat karena adanya gangguan pada satelit atau server Maps yang kita gunakan (5).

  8. Mentok saat main game

    Momen mentok yang juga sering terjadi adalah saat bermain game yang membutuhkan kecepatan berpikir, terutama jika kamu memainkan game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti Mobile Legends ataupun Battle Royale Game seperti PUBG dan Free Fire. Supaya lebih cepat tanggap saat bermain, ada baiknya kamu mempelajari dulu cara mainnya atau memperhatikan langsung teknik bermain para pro players yang sering melakukan live streaming. Jadi kaya latihan sebelum berperang lah.

  9. Stuck di hubungan yang begitu-begitu saja

    Ketika kamu sudah menjalani hubungan dengan orang yang sama untuk beberapa lama, kadang bisa terasa bosan. Hati-hati, bisa jadi sebenarnya tidak ada masalah yang berarti, hanya saja memang kamu perlu mengubah rutinitas dengan pasangan untuk menghalau kebosanan. Namun jika memang ada masalah yang belum selesai, coba komunikasikan perasaanmu kepadanya dengan baik. Kalau cinta ga akan kemana kok.

  10. Mentok ketika harus pidato, presentasi atau interview

    Khusus untuk kamu yang langganan demam panggung, siasati dengan membuat daftar poin yang akan kamu sampaikan dan latihan bicara sebanyak mungkin. Apabila hal ini sampai terjadi, tenangkan dulu pikiranmu serta atur napas secara perlahan. Selain itu, cobalah untuk fokus pada topik utama, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan jika ketakutan tergolong sudah parah, jangan ragu untuk mencari pertolongan profesional seperti psikolog (6)

Itulah 10 momen mentok yang sering terjadi dalam kehidupan kita. Apapun halangannya, semua bisa diatasi dengan terlebih dahulu mempersiapkan situasi tersebut. Jangan lupa untuk tetap melatih diri kita agar semakin berkembang, contohnya dengan melakukan kegiatan olahraga atau mencoba hal baru. Supaya pikiranmu jadi lebih lancar ketika berada di momen yang bikin mentok, biasakan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan bila perlu penuhi asupan nutrisimu dengan suplemen multivitamin yang dapat membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi. Salam Anti Mentok.

CH-20220107-03

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Reference:

  1. Shereen Lehman. Iron Deficiency Symptomps, Causes and Prevention. Very Well Health. Diakses pada 17 November 2021 dari https://www.verywellhealth.com/iron-deficiency-signs-and-symptoms-2507719 
  2. Amanda Augustine. Why Is It OK To Quit Your Job. Top Resume. Diakses pada 17 November 2021 dari https://www.topresume.com/career-advice/its-ok-to-quit-your-job 
  3. Sophie-Anne Bradley. 7 Simple but Effective Ways To Make Your CV Stands Out. Top Universities. Diakses pada 18 November 2021 dari https://www.topuniversities.com/blog/7-simple-effective-ways-make-your-cv-stand-out 
  4. Harvard Medical School. Train Your Brain. Harvard Health Publishing. Diakses pada 18 November 2021 dari https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/train-your-brain
  5. Dida Tenola. Kok Bisa Orang Kesasar Pakai Google Maps? IDN Times. Diakses pada 19 November 2021 dari https://jatim.idntimes.com/news/jatim/dida-tenola/kamu-pernah-tersesat-gegara-google-maps-begini-penjelasan-lapan-regional-jatim/4 
  6. Nicole Arzt. Stage Fright: What It Is, Causes & How to Overcome It. Diakses pada 19 November 2021 dari https://www.choosingtherapy.com/stage-fright/

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image