14 Tips Cara Cepat Dapat Kerja, Nggak Pake Mentok

Kamu sudah lama menganggur dan bingung bagaimana cara cepat dapat kerja? Atau kamu baru saja lulus dan belum dapat pekerjaan? Memang, perkara mencari kerja bukanlah hal yang mudah. Apalagi sejak pandemi Covid-19 yang tidak cuma berdampak pada lulusan baru, banyak pula karyawan lama yang terpaksa diberhentikan dan menjadi penganggur.

Mencari pekerjaan sama susahnya dengan mencari jodoh, banyak yang menarik tapi tidak ada yang jadi milik. Tapi jangan putus harapan apalagi overthinking dulu, ya. Di sini, kita akan kasih cara jitu biar kamu cepat dapat pekerjaan tanpa perlu stres. Yuk, langsung dibaca daftar lengkapnya.

Cara Cepat Dapat Kerja Anti Stres dan Mentok

Fresh graduate ataupun bukan, 14 tips di bawah ini bisa kamu terapkan supaya cepat dapat kerja tanpa harus melalui stres yang ujung-ujungnya bikin pikiran jadi mentok:

  1. Rajin mencari informasi di internet 
    Sekarang ini sudah ada berbagai aplikasi di smartphone atau laptop yang bisa membantumu mempercepat pencarian pekerjaan. Manfaatkan platform pencarian kerja untuk selalu up to date terhadap lowongan baru yang dirilis oleh berbagai perusahaan yang sesuai dengan kemampuanmu (1).

  2. Menjaga reputasi di media sosial 
    Banyak manajer dan HRD yang akan melihat CV dan surat lamaran kerjamu, termasuk juga profil media sosial, blog atau LinkedIn-mu (2). Tidak ada salahnya untuk mencoba meng-googling namamu sendiri untuk melihat apa saja yang akan muncul di halaman mesin pencarian (3).

  3. Bangun branding yang profesional 
    Membuat profil di LinkedIn dapat menggambarkan dirimu secara profesional dan memberikan kesan positif yang kuat kepada HRD. Sertakan keahlian dan pencapaianmu selama menempuh pendidikan atau pengalaman kerja di tempat sebelumnya (1).

  4. Perluas koneksi 
    Cobalah untuk berteman dengan semua orang yang kamu kenal di LinkedIn, karena kamu tidak akan pernah tahu dari jalur mana kamu akan mendapatkan pekerjaan atau siapa yang bisa menghubungkanmu dengan seseorang yang sedang mencari karyawan. (1).

  5. Pastikan data pada CV lengkap
    Data pada CV harus mencakup informasi pendidikan dan pengalamanmu secara lengkap dan singkat. Sertakan juga kontak yang bisa dihubungi seperti email dan nomor telepon. Pastikan tidak ada typo dalam penulisan informasi tersebut ya (3).

  6. Buat surat lamaran kerja dengan benar
    Sudah tahu belum perbedaan antara CV dan surat lamaran? Jika CV berisi riwayatmu, di surat lamaran kamu dapat menuliskan alasan apa yang membuat perusahaan ini menjadi pilihan utamamu. Usahakan untuk menuliskan alasannya sedetail mungkin agar kamu terlihat lebih menonjol dari yang lain (1).

  7. Jangan berhenti mengasah kemampuan
    Setiap orang memiliki keahlian yang berbeda tergantung pada minat dan keterampilan mereka. Nah, kemampuan atau skill yang kamu miliki bisa dipertajam dengan mengikuti kursus keahlian baik secara offline maupun online (4).

  8. Tuliskan keterampilan yang relevan
    Tidak perlu menuliskan penghargaan yang kamu dapatkan waktu SD. Cukup sertakan pencapaian yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar dan pastikan keterampilan atau pencapaian tersebut masih tergolong baru (1).

  9. Review kembali lamaran kerjamu
    Jangan hanya lakukan sendirian, mintalah temanmu untuk membantu mengoreksi CV dan surat lamaran kerja untuk mengetahui apakah ada kesalahan di setiap halamannya, seperti salah ketik atau tata bahasa yang kurang rapi (3).

  10. Berdoa dan siapkan mental
    Membentuk mental positif dan tetap percaya diri itu sangat penting, lho. Soalnya, meskipun kamu adalah kandidat yang paling memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut, namun jika kamu terlalu gugup dan minder saat wawancara, secara tidak langsung kamu memproyeksikan kepercayaan diri yang rendah dan HRD atau user bisa saja menilai bahwa kamu kurang ahli di bidang tersebut (5).

  11. Buat informasi daftar calon pekerjaan di Excel
    Hayoo, siapa di sini yang sering asal klik apply dan ketika mendapat panggilan telepon, sudah lupa pernah melamar di perusahaan mana? Hindari kebiasaan ini dengan cara mencatatnya di Excel atau Google Spreadsheet. Kamu bisa memulai dari nama perusahaan, jabatan yang dilamar, link postingan lowongan kerja, tanggal kamu melamar, serta catatan lainnya (6).

  12. Cari tahu tentang perusahaan yang mengirim panggilan interview
    Gali lebih dalam informasi perusahaan yang kamu targetkan dalam perjalanan pencarian kerjamu. Semua informasi yang kamu cari biasanya sudah tersedia di internet, jadi cukup mudah untuk menemukan informasi penting dan mendetail terkait perusahaan yang kamu tuju (1).

  13. Latihan Q&A untuk persiapan interview
    Meluangkan waktu terlebih dahulu untuk mempersiapkan wawancara akan membuatmu semakin siap. Nah, semakin siap kamu menghadapi semakin rendah potensimu untuk merasa stres (1). Mintalah saran dan kritik dari teman dan keluarga atas jawaban yang kamu berikan, termasuk bahasa tubuh dan sikap saat wawancara (3).

  14. Ucapkan terima kasih
    Sebuah studi menyebutkan 86% HRD mengatakan bahwa mereka tidak menerima ucapan terima kasih setelah wawancara dan ini memberikan kesan bahwa pelamar kerja tidak memiliki minat yang cukup besar. Jadi, coba follow up dan ucapkan terima kasih kepada calon atasanmu atas waktunya dan pastikan untuk menanyakan feedback apa yang bisa mereka berikan kepadamu setelah menjalani wawancara (2).

Itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan ketika kamu sedang melakukan job hunting. Selain 14 hal di atas, jangan lupa selalu dibarengi dengan pola pikir positif dan menjaga kesehatan tubuh. Pokoknya, kamu harus tetap optimistis bahwa kamu akan mendapat pekerjaan yang tepat di waktu yang tepat.

Nah, supaya kamu tetap semangat dan fokus saat mencari kerja, coba mulai rutin mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, Magnesium Zinc dan Kalsium, karena dapat membantu releasing energi positif ke seluruh tubuh sehingga pikiran tetap sehat dan badan lebih siap untuk melamar pekerjaan. Semoga berhasil!

CH-20220426-03

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Reference:

  1. 10 Steps for Finding Your New Job. The Balance Careers. Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.thebalancecareers.com/steps-to-find-a-new-job-2060725 
  2. Glassdoor Team. How to Get a Job. Glassdoor. Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.glassdoor.com/blog/guide/how-to-get-a-job/
  3. Richard Harroch. 10 Essential Steps To Prepare Yourself For A Job Interview. Diakses pada 12 April 2022 https://www.forbes.com/sites/allbusiness/2017/03/31/10-essential-steps-to-prepare-yourself-for-a-job-interview/?sh=759b497e7c72 
  4. Indeed Editorial Team. How to Develop Your Skill Set to Advance Your Career. Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-develop-your-skill-set
  5. Noelle Gross. How To Mentally Prepare For A Job Interview. NG Career Strategy. Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.ngcareerstrategy.com/how-to-mentally-prepare-for-an-interview/ 
  6. Peter Jones. 8 Steps To Help You Find a Job in 30 Days. The Job Network. https://www.thejobnetwork.com/8-steps-to-help-you-find-a-job-in-30-days/ 

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image