Serba-serbi Apa Itu Metaverse? Begini Cara Kerjanya!

Belakangan ini cukup banyak yang membicarakan soal Metaverse, bukan hanya dari kalangan para penggiat teknologi dan gamers saja namun juga pebisnis dan seniman. Bisa dibilang, pembahasan terkait Metaverse adalah topik yang sedang populer hampir di semua kalangan. Namun, sebenarnya apa itu Metaverse? Buat kamu yang masih tergolong newbie terkait dunia Metaverse, jangan minder, info di bawah ini sudah meringkas serba-serbi Metaverse. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Metaverse?

Secara sederhana, Metaverse adalah versi 3D dari digitalisasi internet pada umumnya. Dengan kata lain, kamu bisa menyamakan istilah "Metaverse" dengan "Cyberspace". Sebelum Metaverse, semua interaksi dalam internet masih dalam format email, foto dan video. Namun, setelah adanya Metaverse, kini interaksi antarmuka para pengguna berubah menjadi 3D (1). Metaverse saat ini juga bisa dibilang dapat menjadi masa depan ekonomi digital, di mana para penggunanya dapat membuat, membeli, dan menjual barang-barang secara virtual (2).

Para Pengembang Metaverse

Berbagai perusahaan teknologi sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan produknya di Metaverse. Beberapa di antaranya adalah (3):

  • Meta
    Meta adalah perusahaan utama yang mengembangkan Metaverse. Dengan adanya Metaverse, teknologi ini juga telah menciptakan lebih banyak lapangan kerja di negara Eropa.
  • Microsoft
    Microsoft saat ini tengah mengembangkan Microsoft Mesh, dengan menciptakan chipset augmented reality di Metaverse untuk menyediakan akses ke fitur-fitur baru yang memiliki tingkat keamanan yang baik bagi para pengguna dan gamers.
  • Epic Games
    Epic Games merupakan pengembang permainan yang merilis Fortnite. Perusahaan Metaverse ini telah menghabiskan setidaknya 1 juta dolar untuk pengembangan karakter dan permainan Metaverse di tahun 2021.
  • Roblox
    Roblox merupakan platform yang memungkinkan para penggunanya untuk menciptakan dunia virtual mereka sendiri. Contohnya saja, Roblox telah menyelenggarakan acara Metaverse seperti konser musik dengan Lil Nas.
  • Apple
    Apple cukup dikenal sebagai perusahaan yang membuat aplikasi rapat virtual secara Head-Mounted System (HMD). Dengan teknologi HMD ini, pengguna dapat melakukan gerakan tangan dan lengan fisik di dunia nyata yang akan tersambung secara virtual di Metaverse.

Cara Kerja Metaverse

  1. Memasuki dunia Metaverse
    Untuk sepenuhnya bisa merasakan pengalaman Metaverse, kamu membutuhkan perangkat headset Virtual Reality yang bernama Oculus. Headset ini hadir dengan chip grafis dan enam kamera sensor yang dapat melacak posisi gerak kepala dan tangan penggunanya. Dengan perangkat ini, kamu akan bisa memasuki Virtual Reality dan merasakan sepenuhnya dunia virtual 3D. Namun, beberapa platform Metaverse seperti Decentraland dapat dimasuki hanya dengan bermodalkan perangkat PC atau laptop saja (4).

  2. Membuat avatar di Metaverse
    Metaverse erat kaitannya dengan dunia virtual, jadi wajar saja jika kamu harus membuat avatar digital sendiri. Avatar di Metaverse dapat kamu edit mulai dari bagian warna rambut, mata, pakaian, dan aksesori karaktermu Jika kamu sudah bosan dengan penampilan avatarmu, kamu tetap dapat mengubahnya sesukamu (4).

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Metaverse hadir sebagai dunia virtual dengan menyediakan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh penggunanya.

  • Mabar atau main game dengan teman: Dengan Headset Oculus, pengalaman Metaverse akan terasa seru jika kamu gunakan untuk bermain game secara 3D. Salah satu game yang paling populer saat ini adalah 'Wonder Mine Crafting Game' (4).
  • Jual beli tanah virtual: Yup, kamu nggak salah baca kok. Penjualan aset tanah di Metaverse adalah salah satu kegiatan tertinggi di Metaverse. Platform Metaverse dibagi menjadi blok tanah yang disebut parsel. Parsel dapat kamu beli dengan mata uang Crypto. Lahan virtual ini dapat kamu jual lagi atau menyewakannya ke penyelenggara acara VR di Metaverse (5).
  • Mendesain ruang virtual: Beberapa platform Metaverse seperti Horizon Worlds memungkinkan kamu untuk mengubah tata letak bangunan atau ruangan. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengubah suara, tampilan dan bentuk agar dapat disesuaikan dengan keinginanmu sendiri (5).
  • Menghadiri konser digital: Lahan VR tadi sangat bisa dimanfaatkan untuk menyelenggarakan semua jenis acara virtual, mulai dari konser musik, perkumpulan sosial, acara perusahaan dan kelas online. Penyelenggara acara atau Event Organizer di Metaverse dapat menerbitkan tiket berbayar kepada peserta (5).
  • Membeli pakaian dan aksesoris virtual: Karakter 3D atau avatarmu di Metaverse dapat didesain sesuai dengan keinginanmu. Caranya kurang lebih sama seperti dengan jual beli tanah virtual, di mana kamu akan membelinya dengan mata uang  Crypto (5).
  • Berdiskusi dengan rekan kerja: Bukan hanya soal hiburan melulu, Metaverse juga mampu mengubah kultur pekerjaan secara jarak jauh dengan menghadirkan interaksi langsung ke ruang virtual. Platform VR seperti Mozilla Hubs sudah mendukung kegiatan ini di mana penggunanya dapat mengakses peralatan seperti papan tulis, ruang rapat, dan keyboard VR yang dapat digunakan untuk bekerja dengan para rekan kerja (5).
  • Melihat pameran seni digital: Kegiatan atau acara apapun dapat kamu lakukan di Metaverse, termasuk juga dengan membuat galeri seni. Para pengunjung dapat melihat seni digital dan membelinya sebagai token unik yang tidak dapat dipertukarkan atau Non Fungible Token (NFT). NFT juga dapat dijual kembali untuk atau disimpan sebagai koleksi (5).

Nah, itu tadi sejumlah penjelasan terkait Metaverse. Jadi, bagaimana menurutmu? Sudah siap belum menjalani kehidupan di dunia virtual? Selalu pastikan tubuhmu siap menghadapinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, Magnesium Zinc dan Kalsium biar kamu selalu bisa fokus serta berenergi dalam mengeksplor dunia Metaverse yang luas tanpa takut momen mentok terjadi, ya!

CH-20220426-03

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Reference:

  1. Shamani Joshi. The Metaverse, Explained for People Who Still Don’t Get It. Vice. Diakses pada 12 April 2022 dari  https://www.vice.com/en/article/93bmyv/what-is-the-metaverse-internet-technology-vr
  2. Eric Ravenscraft. What Is the Metaverse, Exactly? Wired. Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.wired.com/story/what-is-the-metaverse/ 
  3. Disha Sinha. Top 10 Companies Working on Metaverse and Its Development In 2022. Analytics Insight. Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.analyticsinsight.net/top-10-companies-working-on-metaverse-and-its-developments-in-2022/ 
  4. Tech Geek. How To Enter And Access Metaverse? Cashify. Diakses pada 12 April 2022 dari  https://www.cashify.in/how-to-enter-and-access-metaverse 
  5. XR Today Team. What Can You Do in the Metaverse? Diakses pada 12 April 2022 dari https://www.xrtoday.com/virtual-reality/what-can-you-do-in-the-metaverse/ 

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image