Vitamin Penambah Energi Selama Liburan di Bali Biar Nggak Gampang Jompo

Sudah punya rencana liburan sekalian healing ke Bali? Asyik, apalagi kalau kamu sudah punya list tempat yang ingin dikunjungi selama liburan di Pulau Dewata. Keindahan alam di Bali yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia tentunya menjadi destinasi wajib bagi turis internasional maupun domestik.

Apalagi, ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu jadikan pengalaman baru selama berada di Bali. Mulai dari berjemur di pinggir pantai Melasti yang eksotis, mencoba berbagai water sport activities seperti snorkeling, surfing dan scuba diving, hingga cafe hopping di sekitar Canggu dan Seminyak semua destinasi tersebut hanya bisa terwujud jika kamu memiliki waktu dan tenaga yang cukup.

Supaya kamu nggak capek saat menjalani liburan dengan waktu yang terbatas, kamu akan membutuhkan booster suplemen penambah tenaga. Belum lagi jika usia masih muda tapi badanmu sering cepat lemas dan lelah, kemungkinan besar kamu kekurangan asupan vitamin penambah energi. Daripada kasus anak muda jompo semakin meningkat, lebih baik ikuti saran di bawah ini, supaya tubuh tetap prima dan terasa bugar meski harus beraktivitas di cuaca yang panas saat kamu liburan di Bali.

Penyebab Kenapa Badan Sering Lemas

Kalau kamu sering merasa lelah saat beraktivitas dan bertanya-tanya kenapa badan sering lemas saat mencoba water sports di Bali, bisa jadi penyebabnya adalah karena tubuhmu kekurangan vitamin penambah energi. Berikut ini beberapa faktor yang sering menjadi penyebab badan sering lemas, yaitu:

  1. Kekurangan Vitamin B12
    Suplemen pertama biar kamu nggak gampang jompo dan perlu dikonsumsi secara rutin, adalah vitamin B12. Soalnya, vitamin ini membantu pembentukan sel darah merah agar lancar membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kalau kamu kekurangan sel darah merah dan pasokan oksigen tidak tercukupi, badan kamu akan cepat terasa lemas. Apalagi, tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin B12 sendiri, sehingga perlu ada asupan dari luar seperti konsumsi ikan, daging dan susu (1). Bahkan, beberapa atlet olahraga dilaporkan juga mengkonsumsi suplemen vitamin B12 untuk menambah energi, lho. Kekurangan B12 bukan hanya membuat lemas dan kekurangan tenaga, tetapi juga bisa menyebabkan anemia (1,2).

  2. Kekurangan Kalsium
    Kalsium bukan hanya berguna untuk tulang, lho. Ternyata, kekurangan kalsium juga bisa membuat tubuh kita menjadi cepat lelah. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, kekurangan energi, badan yang terasa lesu, hingga insomnia. Selain itu, kekurangan kalsium bisa membuat kita menjadi kurang fokus dan menjadi pelupa (3).

  3. Kekurangan Magnesium
    Semakin tinggi frekuensi aktivitas fisik kita (contohnya seperti berolahraga), tubuh akan membutuhkan lebih banyak magnesium. Magnesium berguna untuk membantu memindahkan gula dari darah ke otot untuk sumber energi. Selain itu, kandungan magnesium yang cukup dapat membuang laktat, yaitu semacam zat yang sering menumpuk saat  kita sedang berolahraga biasa maupun berolahraga air dan menyebabkan kelelahan (4).

  4. Butuh asupan Vitamin C
    Ternyata, vitamin C bukan hanya baik bagi imun tubuh tetapi juga baik untuk meningkatkan stamina (2). Vitamin penambah energi yang satu ini memiliki zat antioksidan yang membantu membentuk metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. Metabolisme yang terjaga akan berpengaruh pada proses pembentukan energi di dalam tubuh. Jadi, kalau pasokan vitamin C tidak tercukupi, maka wajar saja jika kamu akan merasa tubuh cepat lelah dan nyeri otot (2,5).

  5. Kekurangan Mineral Zinc
    Ini dia suplemen terakhir biar tubuh kita nggak gampang capek, yaitu Zinc. Zinc merupakan salah satu jenis mineral yang membantu menjaga metabolisme tubuh. Ketika kekurangan zinc, tubuh akan menjadi mudah lemas, lho. Penyebab badan sering lemas bisa jadi karena kekurangan mineral zinc. Selain itu, mineral ini juga bisa menjaga sistem imun, pencernaan dan pertumbuhan sel di dalam tubuh (6).

Jadi, itulah keempat suplemen biar kamu nggak gampang jompo yang wajib kamu penuhi kebutuhannya setiap hari selama liburan dan mencoba berbagai water sport di Bali. Semoga sudah terjawab ya kenapa badan selalu terasa lemas, karena tubuh kita membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk menambah energi. Supaya liburanmu bisa berjalan lancar tanpa hambatan, pastikan kamu sudah mengkonsumsinya setiap hari, ya!

CH-20220819-20

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Reference:

  1. Beth Sissons. The Best Vitamins and Supplements For Energy. Medical News Today. Diakses pada 20 Juli 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/326756.
  2. Karthik Kumar, MBBS. What Is the Best Vitamin for Energy? Medicine Net. Diakses pada 20 Juli 2022 dari https://www.medicinenet.com/what_is_the_strongest_vitamin_for_energy/article.htm.
  3. Lana Barhum. What Happens When Calcium Levels Are Low? Medical News Today. Diakses pada 21 Juli 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/321865.
  4. Rachael Link. 12 Evidence-Based Health Benefits of Magnesium. Healthline. Diakses pada 21 Juli 2022 dari  https://www.healthline.com/nutrition/magnesium-benefits.
  5. Anne-Laure Tardy, dkk. Vitamins and Minerals for Energy, Fatigue and Cognition: A Narrative Review of the Biochemical and Clinical Evidence. NCBI. Diakses pada 22 Juli 2022 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7019700/.
  6. Jillian Kubala. Zinc: Everything You Need to Know. Healthline. Diakses pada 22 Juli 2022 dari https://www.healthline.com/nutrition/zinc#function.

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image