Manfaat Kalsium untuk Tulang dan Gigi yang Kuat | Berocca

Kalsium dan Manfaatnya Untuk Tulang dan Gigi yang Kuat

Kalsium dan magnesium dikenal sebagai mineral yang berhubungan dengan olahan susu. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh dibandingkan mineral lain. Menarik untuk diketahui bahwa total kalsium dalam tubuh orang dewasa berkisar antara 1-1.2 kg. Kalsium adalah elektrolit (dapat keluar melalui keringat) yang penting untuk menjaga otot dan kesehatan tulang dan gigi.

Peran dan manfaat kalsium

ikon tulang

Bersama vitamin D, kalsium berperan dalam pembentukan dan memperkuat tulang (Sebanyak 99% kalsium dalam tubuh disimpan di tulang dan gigi). Vitamin D penting untuk membantu tubuh menyerap dan menggunakan kalsium.

ikon gigi

Kalsium berkontribusi dalam pembentukan gigi.

ikon otot bisep

Kalsium bertanggung jawab dalam kontraksi otot, transmisi saraf, pembekuan darah, dan berperan dalam pelepasan hormon.

ikon otak

Kalsium mendukung berbagai fungsi dalam otak, termasuk transmisi sistem saraf.

Asupan kalsium yang tetap akan bermanfaat bagi tubuh. Menu makan yang bervariasi dan seimbang seharusnya membuat kamu mendapat asupan kalsium yang cukup sesuai kebutuhan tubuh. Namun, pada beberapa kasus, suplemen harian yang mengandung kalsium dapat dikonsumsi.

Minuman dan makanan yang mengandung kalsium

  • Produk susu: keju (Parmesan, Emmental), susu,
  • Sayuran hijau (brokoli, bayam, kol, peterseli, selada air),
  • Ikan (terutama yang memiliki tulang yang bisa dikonsumsi, seperti ikan teri atau ikan sarden),
  • Biji-bijian (poppy, wijen, seledri dan biji chia),
  • Kacang-kacangan,
  • Lentil,
  • Tahu,
  • Roti dan produk yang terbuat dari tepung yang difortifikasi,
  • Beberapa jenis air mineral.
wanita muda mencondongkan tubuh ke luar jendela mobil
kutipan kalsium adalah elektrolit

Konsekuensi dari kekurangan kalsium mungkin tidak akan terwujud secara langsung. Itu sebabnya orang yang kurang mendapat asupan kalsium karena diet perlu mengonsumsi suplemen. Beberapa konsekuensi dari kekurangan kalsium termasuk perubahan tingkat kalsium jangka menengah dan panjang pada tulang yang dapat membuat tulang rapuh. Tubuh yang tidak mendapat cukup kalsium dapat mengambil kalsium dari bagian tulang dan gigi tertentu untuk menggantikan area lain yang membutuhkan. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis. Konsekuensi lain dari kurangnya asupan kalsium dapat berdampak pada otot menyebabkan rasa geli. Sebagian orang juga dapat mengalami keram otot.

Siapa yang bisa mendapat manfaat kalsium dari suplemen?

  • Wanita pascamenopause. Setelah menopause, wanita kehilangan massa tulang karena penurunan estrogen. Suplemen berbasis kalsium dapat mengurangi hilangnya kepadatan tulang.
  • Vegan. Kalsium yang ditemukan dalam produk hewani lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga orang yang mengikuti pola makan vegan mungkin berisiko kekurangan asupannya.
  • Kelebihan berat badan dan obesitas. Beberapa studi telah menghubungkan asupan kalsium yang rendah dengan indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi.
  • Penderita osteoporosis. Jika memiliki kondisi yang melemahkan tulang, membuatnya rapuh, dan berkemungkinan besar patah, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium.

Anak-anak sering kesal dengan ibu yang memaksanya minum segelas susu setiap kali makan. Anak-anak mungkin belum menyadari betapa pentingnya segelas susu untuk masa pertumbuhan, untuk membuat tulang dan gigi kuat. Sebagai orang dewasa, kamu tidak boleh lupa kebiasaan lama untuk minum susu setiap hari agar tubuh mendapat manfaat kalsium.

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

gambar gradasi melengkung ke atas