Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B12 | Berocca

Gejala umum kekurangan vitamin B12

Mengapa vitamin B12 penting?

Vitamin B12 merupakan bagian dari kelompok vitamin B. Sayangnya, vitamin ini tidak dibuat atau disimpan oleh tubuh seperti kebanyakan vitamin lainnya, sehingga perlu diperoleh dari makanan dan suplemen. Penting bagi tubuh untuk mendapat vitamin B12 karena membantu produksi sel darah merah, saraf, DNA, dan menjalankan fungsi lainnya. Setiap menit, tubuh manusia menghasilkan jutaan sel darah merah. Vitamin B12 dapat berkontribusi pada proses ini. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan masalah fisik dan psikologis. Jika ingin merasakan kondisi terbaik, kamu harus memberi tubuh asupan vitamin B12.

Fakta tentang Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat memengaruhi antara 1,5 dan 15 persen orang. Karena vitamin B12 tidak dapat disimpan oleh tubuh, vitamin ini harus diperoleh setiap hari. Orang dewasa (berusia 19-64) membutuhkan sekitar 1,5 mikrogram (mcg) per hari. *

Vitamin B12 larut dalam air saat bersirkulasi dalam aliran darah.

Vitamin B12 secara alami ditemukan dalam produk hewani seperti: ikan, daging, telur dan produk susu.

Makanan yang merupakan sumber terbaik vitamin B12 termasuk:

ikon stik daging sapi

Daging merah: sapi, kambing

ikon ikan

Ikan: kembung, salmon, tuna

ikon botol susu dan sepotong keju

Produk susu: susu, keju, yoghurt

Mengonsumsi produk-produk ini setiap hari dapat memastikan tubuh mendapat asupan vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada vegetarian dan vegan karena tidak dapat mengonsumsi produk hewani, vitamin B12 juga tidak ditemukan pada makanan nabati. Namun, terdapat sumber vitamin B12 bagi vegetarian dan vegan. Di antaranya: sereal yang difortifikasi, susu nabati, roti, dan ragi bernutrisi.

pasangan muda berlari dengan papan selancar

Gejala kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 umum terjadi, tetapi memerlukan waktu untuk menyadari dan mengenali gejalanya. Gejala dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk dikenali dan sulit untuk dilakukan diagnosis. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa gejala yang sama dapat muncul pada kondisi kesehatan atau kekurangan gizi lain. Gejala kekurangan vitamin B12 dapat meliputi:

1. Kelelahan dan kurang energi. Tanpa sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, seseorang dapat merasa sangat lelah. Agar merasa lebih bersemangat dalam melakukan kewajiban dan menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari, pastikan untuk mendapat cukup vitamin B12.

2. Detak jantung yang cepat. Rendahnya jumlah sel darah merah menyebabkan jantung berdetak lebih cepat untuk memastikan bahwa oksigen sampai ke seluruh bagian tubuh.

kutipan kekurangan vitamin B12

3. Sulit bernapas dan pusing. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan sesak napas dan pusing terutama setelah melakukan aktivitas fisik apa pun. Gejala ini dapat dikaitkan dengan kurangnya sel darah merah dan detak jantung yang cepat. Jika kamu senang olahraga tetapi sering kehabisan napas, periksakan apakah kebutuhan minimum vitamin B12 harian sudah terpenuhi.
 

4. Bermasalah saat berpikir, penalaran, perubahan suasana hati dan berperilaku. Hal ini disebabkan karena otak tidak mendapat cukup oksigen.

5. Penurunan nafsu makan dan berat badan. Gejala ini bertkaitan dengan: mual, muntah, diare, yang diakibat oleh masalah pencernaan.

6. Sariawan dan sakit mulut. Menurunnya sel darah merah meyebabkan sedikit oksigen yang mencapai mulut dan lidah.

7. Kulit pucat atau kuning (jaundice). Kulit bisa terlihat pucat karena tidak cukup sel darah merah untuk membawa darah. Pernahkah seseorang mengatakan bahwa kamu terlihat seperti menderita anemia? Mungkin sudah waktunya untuk memeriksa apakah kamu sudah cukup mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12.

8. Merasa seperti tertusuk. Vitamin B12 berperan penting dalam sistem saraf. Tanpa vitamin ini, saraf bisa rusak yang dapat menyebabkan kesemutan pada tangan dan kaki.

Sebagian besar orang mendapatkan cukup vitamin B12 melalui menu makan yang sehat dan seimbang. Namun, bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan penyerapan vitamin B12, suplemen dalam bentuk tablet atau suntikan dianjurkan. Suplemen yang megandung vitamin B kompleks dapat menggantikan apa yang kurang dari tubuh. Nah, kini sudah tahu gejala kekurangan vitamin B12, pastikan kamu konsumsi vitamin ini dengan cukup, ya!

* Data dari: https://www.nhs.uk/conditions/vitamin-and-minerals/vitamin-b

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.