7 Cara Meningkatkan Stamina yang Mudah Dilakukan | Berocca

7 Cara Meningkatkan Stamina Yang Mudah Dilakukan

Ritme kehidupan yang makin cepat membuat kebanyakan orang juga punya rutinitas yang padat, terutama untuk anak muda yang masih dalam usia aktif dan produktif. Kegiatan yang banyak pada satu titik bisa membuat tubuh dan jiwa merasa lelah dimana kondisi ini memicu menurunnya stamina yang dimiliki. Belum lagi ketika di kantor atau lingkungan pergaulan ada banyak tantangan yang menanti. Jika tidak dipersiapkan dengan benar, ketahanan tubuhlah yang menjadi korban.

Menariknya, rutinitas sehari-hari dan pola hidup sehat ternyata menjadi bagian dari cara meningkatkan stamina, lho (3). Artinya, kamu tidak harus pusing memikirkan bagaimana supaya tetap bertenaga dan bersemangat di tengah gempuran tanggung jawab yang seakan tidak ada habisnya karena tanpa disadari, mungkin kamu sudah pernah melakukannya. Kini, tinggal menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan saja supaya spirit tetap on dan stamina terjaga.

  1. Bangun pagi

    Bangun pagi terasa mudah dilakukan ketika hari kerja dimana ada konsekuensi yang didapatkan jika bangun kesiangan dan telat bekerja. Tapi ceritanya akan lain bila akhir pekan tiba. Rasanya seperti ingin terus berada di bawah selimut baik untuk tidur atau bermalas-malasan walaupun matahari sudah tinggi. Jika ingin stamina terjaga dan bahkan lebih baik dari waktu ke waktu, pastikan untuk bangun pagi di jam yang sama setiap hari. Hal ini berhubungan dengan sistem sirkadian dimana manusia memiliki “alarm tubuh” yang bekerja otomatis untuk membangunkanmu di waktu yang cenderung sama (2, 3).

    Ketika sistem tersebut berjalan sebagaimana mestinya, sirkadian tubuh akan mempengaruhi produksi hormon tertentu yang menunjang kesehatan dan keseimbangan sehingga kamu cenderung memiliki stamina yang baik (2). Selain masalah sistem alarm alami tubuh, bangun di pagi hari memungkinkan kamu untuk menikmati sinar matahari pagi yang membantu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dikenal punya efek signifikan terhadap stamina dan imunitas.
     
  2. Sarapan Penuh Nutrisi

    Eits, jangan asal makan! Kalau mau berstamina setiap hari, pastikan menu sarapan kaya nutrisi (1,2,3) yang sebaiknya didominasi oleh protein, lemak, serat, vitamin, mineral dan air (1). Mungkin kamu bertanya kenapa nasi atau sumber karbo lainnya tidak masuk dalam daftar nutrisi sarapan penambah stamina? Nasi, tepung dan sumber karbo lainnya mengandung kadar index glikemik tinggi yang berarti mengandung gula yang tinggi pula. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat saat sarapan, kadar gula dalam darah otomatis tinggi yang justru membuat tenaga berada di level bawah alias lemas. Kalau memang ingin terus bertenaga, perbanyak makan ikan, daging, telur, sayur serta sumber protein, lemak dan serat lain yang memiliki indeks glikemik rendah (1,2,3).
     
  3. Olahraga ringan

    Bukan rahasia lagi bila olahraga dapat meningkatkan stamina. Ketika beraktivitas fisik seperti jogging atau bahkan jalan pagi, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga hormon dan berbagai substansi lainnya yang diperlukan tubuh agar selalu berenergi dapat menyebar dalam tubuh dengan lebih cepat dan bebas hambatan. Suplai oksigen yang lebih baik bersamaan dengan aliran darah juga membuat sel-sel dalam tubuh bisa bekerja dengan aktif, akhirnya tubuh jadi punya energi yang lebih banyak (1,2). Satu lagi, olahraga ringan juga memicu produksi adrenalin yang membuatmu lebih aktif dan berenergi.
     
  4. Stop Merokok

    Beberapa orang menganggap rokok adalah bagian dari pergaulan. Tapi, jika ingin hidup lebih sehat dan penuh energi setiap hari, hentikan kebiasaan ini! Merokok dapat menghabiskan energimu secara perlahan dengan mengakibatkan insomnia. Kandungan nikotin dalam rokok memicu detak jantung lebih cepat, kenaikan tekanan darah dan kesadaran yang lebih alias “melek” bahkan di waktu istirahat. Saat tubuh kurang tidur, hormon sitokin tidak bisa diproduksi dengan maksimal sehingga lambat laun kondisi kesehatan menurun, dan stamina ikutan kendur (1).
     
  5. Minum Kopi Pagi Hari

    Secangkir kopi pagi hari bukan hanya sekedar rutinitas, tapi menjadi cara meningkatkan stamina dengan memanfaatkan kandungan kafein di dalamnya. Kafein menimbulkan debaran jantung yang lebih kencang dan kenaikan level kesadaran (alertness) yang menjadikan produksi energi dalam tubuh lebih banyak. Dengan efek menambah stamina seperti ini, disarankan untuk mengonsumsi kopi tidak lewat dari jam 2 siang karena dikhawatirkan menyebabkan insomnia (1).
     
  6. Perbanyak Air Putih

    Kelihatannya sih sepele, namun ketika tubuh kekurangan air atau dehidrasi kamu akan merasa lelah dan lemas. Ingat bahwa lebih dari separuh bagian tubuh terdiri dari air dimana meskipun tidak mengaktifkan hormon apapun yang membuat lebih bersemangat, air dapat membantu melarutkan beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar berenergi. Air juga mempengaruhi kelancaran aliran darah yang berkaitan dengan distribusi nutrisi, hormon dan antibodi yang mempengaruhi daya tahan tubuh (1,3).
  7. Kendalikan Stres

    Tahukah kamu bahwa stres ternyata menghabiskan banyak energi? Dalam kondisi stres dan tertekan, kamu cenderung merasa tidak bertenaga sehingga kalau ingin energi terisi kembali, kelola stres dengan baik. Berpikir positif, curhat dengan orang terpercaya dan melakukan meditasi atau yoga dapat menjadi cara melakukannya (1,2,3).

    Tujuh cara meningkatkan stamina di atas sangat mudah dilakukan, asal kamu punya komitmen dan tekad bulat untuk menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Sehabis sarapan, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen multivitamin yang dilengkapi dengan zinc, kalsium dan magnesium secara teratur agar semangat terus membara hingga petang menjelang. Stamina kendor, jangan dong!

Reference:

  1. 9 Tips to Boost Your Energy Naturally diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.health.harvard.edu/energy-and-fatigue/9-tips-to-boost-your-energy-naturally
  2. 8 Solutions for All Day Energy diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.prevention.com/health/sleep-energy/a20433631/8-solutions-for-all-day-energy/
  3. 11 Simple Lifestyle to Feel More Energetic Everyday diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.vowtobechic.com/11-simple-lifestyle-changes-to-feel-more-energetic-every-day/

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image