Ini Dia Manfaat Bersepeda Secara Rutin bagi Kesehatan

Bersepeda Outdoor atau Indoor? Simak Manfaat Keduanya Bagi Kesehatan

Pergi belanja, ke sekolah, kampus atau tempat kerja dengan bersepeda memang menyenangkan. Selain mengurangi produksi asap kendaraan, bersepeda juga memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Secara fisik, dalam setiap kayuhan pedal, persendian pada lutut akan terlatih sehingga membuatnya lebih lentur dan jauh dari nyeri jika dilakukan secara teratur (1). Selain itu, manfaat bersepeda juga membantu membakar kalori yang akhirnya menurunkan berat badan secara stabil (1). Nah, jika dilihat dari kesehatan mental, bersepeda memberikan kesenangan tersendiri yang bisa menjauhkan dari depresi (1,2) karena sembari mengayuh kamu bisa menikmati semilir angin dan juga suasana sekitar yang menyuguhkan pemandangan serta situasi berbeda dari rutinitas yang biasanya dijalani.

Sayangnya, kondisi pandemi yang tidak kunjung mereda membuat kamu harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Apakah keadaan ini membuat kamu kehilangan momen seru untuk bersepeda? Tidak dong. Kamu masih punya alternatif lain yang sama menyenangkannya dengan kegiatan bersepeda outdoor, yaitu dengan menggunakan sepeda statis. Sepeda yang dirancang untuk penggunaan indoor ini memang tidak membuat kamu bisa menikmati suasana di luar sana. Namun, jika dilihat dari manfaatnya, sepeda statis juga menawarkan kelebihan yang sama untuk memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini adalah informasi lengkapnya.

  1. Mencegah penyakit kardiovaskuler

    Pernah disebutkan bahwa penyakit nomor satu yang paling mematikan dan merenggut banyak nyawa di dunia adalah penyakit jantung. Penyakit jantung atau kardiovaskuler sendiri tidak hanya terbatas pada serangan jantung saja, namun juga stroke dan juga tekanan darah tinggi (2). Kabar baiknya, bersepeda apapun jenisnya merupakan jenis kegiatan atau olahraga kardiovaskuler yang membuat jantung lebih kuat dan sehat dengan memperkuat otot jantung, meningkatkan fungsinya, serta melancarkan peredaran darah yang juga berpengaruh pada kesehatan organ paru-paru (1,2). Bersepeda juga membantu menurunkan kadar lemak pada darah yang seringkali menjadi pemicu stroke dan serangan jantung (2)
     
  2. Menurunkan dan menstabilkan berat badan

    Punya masalah dengan berat badan? Atau ingin membuat bobot lebih stabil? Bersepeda bisa menjadi salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan. Berada di atas sepeda selama 1 jam dapat membakar sekitar 300 kalori dimana jika dilakukan lebih dari satu kali sehari dapat meningkatkan pembakarannya (2). Jika merasa tidak kuat mengayuh pedal selama satu jam, kamu juga bisa kok melakukannya selama 30 menit saja asalkan rutin setiap hari karena sebuah studi di Inggris menyebutkan bahwa bersepeda selama setengah jam setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan hingga 5 kilogram selama setahun (2). Angka ini terbilang lumayan mengingat beberapa orang bahkan sulit sekali menurunkan berat badannya meski hanya satu kilogram dalam jangka waktu lama.
     
  3. Menurunkan kemungkinan diabetes

    Bekerja dari rumah alias work from home rentan terhadap aktivitas pasif seperti rebahan atau bermalas-malasan karena kamu berada di zona nyaman. Jika terlalu sering dilakukan bukan tidak mungkin penyakit diabetes menghantui mengingat penyebab utama gangguan kesehatan ini adalah kurangnya kegiatan fisik yang membantu memecah gula darah (2). Sebuah studi yang dilakukan secara massal di Finlandia menyebutkan bahwa rutin bersepeda setiap hari selama 30 menit dapat menurunkan resiko menderita diabetes hingga 40% (2). Terutama jika kamu tidak mengatur pola makan selama pandemi dan dengan bebasnya mengonsumsi camilan atau makanan tinggi gula, bersepeda menjadi olahraga yang wajib dilakukan, baik bersepeda di luar maupun dengan sepeda statis.
     
  4. Meningkatkan kinerja otak

    Berkegiatan di rumah saja seringkali membuat kamu merasa stuck alias buntu dan tidak bisa lagi menciptakan ide-ide kreatif. Rasanya otak seperti macet dan susah diajak berpikir, apalagi menelurkan gagasan spektakuler. Kalau sudah begini, artinya kamu perlu meluangkan waktu setidaknya setengah jam untuk me-refresh pikiran dengan bersepeda di dalam ataupun luar ruangan. Bersepeda yang merupakan olahraga kardiovaskuler dapat melancarkan peredaran darah ke otak, sekaligus merangsang produksi nitric oxide, neurotrophin dan protein noggin yang mendukung pembentukan sel-sel otak yang baru. Hasilnya, daya ingat meningkat, daya pikir terasa lebih tajam, lebih bisa berkonsentrasi dan jauh dari penyakit yang menyerang sistem memori seperti Alzheimer dan demensia (1).
     
  5. Mengurangi resiko depresi

    Kini masa pandemi sudah memasuki tahun keduanya dimana artinya, kamu sudah menghabiskan waktumu lebih banyak di rumah selama lebih dari setahun. Sangat wajar bila kebosanan dan kejenuhan melanda, namun jangan sampai kondisi tersebut berubah menjadi depresi. Caranya adalah dengan rutin melakukan olahraga bersepeda dimana kegiatan ini dapat menurunkan resiko stress dengan cara merangsang produksi dopamin dan serotonin sebagai hormon “bahagia” yang membuat suasana hati lebih baik, sekaligus menekan produksi hormon stress yang disebut kortisol. Selain itu, pembakaran kalori yang dilakukan sambil bersepeda biasanya akan menimbulkan efek tubuh yang lelah dimana hal ini bisa membuat kamu tidur lebih baik dan nyenyak. Istirahat yang cukup juga menjadi faktor yang membuat kamu lebih segar dan gembira meskipun di rumah saja (1,2).

    Meskipun kelihatannya sederhana, ternyata merutinkan olahraga bersepeda outdoor maupun indoor memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan fisik dan mental. Agar stamina selalu terjaga selama olahraga, ada baiknya kamu mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, magnesium dan kalsium secara teratur. Badan sehat, stamina pun makin kuat! 

Reference:

  1. 5 Unique Health Benefits from Riding Regularly, diakses pada 26 Mei 2021 dari https://www.bicycling.com/training/g20010110/5-unique-health-benefits-from-riding-regularly/
  2. Cycling Health Benefit, diakses pada 26 Mei 2021 dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image