Mentok Cari Ide, Ini Dia Cara Untuk Selalu Berpikir Kreatif

Mentok Cari Ide, Ini Dia Cara Untuk Selalu Berpikir Kreatif

Anak muda adalah gudangnya kreativitas. Ada saja gagasan inovatif dan cemerlang yang muncul dari pemikiran tak biasa ala generasi Z. Namun, ada kalanya kamu merasa buntu atau tidak bisa berekspresi sehingga ide unik dan asyik jadi sulit didapatkan. Tenang, kreativitas merupakan hal yang tidak terbatas. Artinya selalu ada cara untuk berpikir kreatif bahkan ketika ide lagi macet. Satu hal yang perlu dipahami, penyebab utama yang membuat ide kreatif berhenti adalah kondisi monoton atau zona nyaman (1,2,3) sehingga yang dibutuhkan ialah “pemicu” tidak biasa guna membuka sumbatan dalam pikiran sehingga gagasan yang sempat terbendung mengalir dengan lancar.

Tidak harus naik gunung tertinggi kok, untuk bisa mendapatkan inspirasi orisinil. Ada banyak sekali cara yang dapat mencairkan kebekuan ide ini, mulai dari yang dekat dengan kehidupan sehari-hari hingga yang extraordinary. Berikut ini informasinya:

  1. Mengeksplorasi Tempat-Tempat Baru

    Salah satu penyebab yang membuat ide tiba-tiba berhenti mengalir adalah terjebak dalam rutinitas. Kebiasaan atau hal rutin bukan melulu tentang kegiatan, namun juga tempat-tempat yang selama ini menjadi tujuan. Misalnya saja setiap liburan kamu pergi ke kota tertentu yang sama dari waktu ke waktu. Atau saat akhir pekan kamu selalu pergi ke kafe favorit, resto langganan ataupun menonton film di bioskop yang sama.
     
  2. Melakukan Kegiatan di Luar Kebiasaan

    Seperti yang sudah disebutkan di awal, kehidupan yang monoton menjadi penyebab utama dari kreatifitas yang mati suri. Bangun pagi, pergi kerja atau kuliah, mengejar deadline dan tidur malam mungkin menjadi rutinitas yang biasa dilakukan. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Namun, jika berlangsung terus tanpa jeda dan tanpa perubahan sama sekali hidup akan terasa stagnan serta menjemukan. Akhirnya, ide kreatif perlahan tersumbat. Temukan tekad untuk keluar dari zona nyaman kebiasaan yang monoton dan membosankan! Beranikan diri untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

    Tidak harus ekstrem yang sangat bertolak belakang dengan rutinitas. Menyisipkan aktivitas berbeda sudah cukup lho, untuk memberikan warna baru dalam kehidupan Misalnya jika selama ini kamu banyak menghabiskan sebagian besar waktu di depan laptop untuk mengerjakan tugas dan proyek, sisihkan waktu barang satu atau dua jam untuk melemaskan kaki dan menyegarkan pikiran di taman perumahan. Di tempat terbuka ini kamu bisa melihat berbagai fenomena tidak terduga yang dinamis dan heterogen sehingga pikiran tidak berhenti di satu titik saja. Kegiatan yang berbeda dari biasanya juga membawa angin segar yang menjaga mental tetap sehat (1,3).
     
  3. Quality Time Bersama Sahabat

    Seiring bertambahnya usia dan perubahan fase hidup, perpisahan dengan para sahabat dekat mungkin bisa terjadi. Dulu ketika sekolah atau kuliah menghabiskan waktu luang bersama teman tersayang seakan menjadi rutinitas wajib yang bahkan lebih penting daripada kencan bareng pacar. Sekarang saat pekerjaan kian menumpuk, bertemu mereka setahun sekali bahkan sulit dilakukan. Percaya atau tidak, temu kangen dan ngobrol bersama kawan lama yang terpisah jarak sekian waktu dapat membangunkan kreativitas yang sempat tertidur.

    Dalam kurun waktu tersebut, ada banyak hal yang terjadi dalam kehidupan dan kamu bisa menjadikan cerita teman yang beda profesi dan pengalaman sebagai sumber inspirasi yang membuat lebih kreatif (1). Kisah hidup dan pengalaman yang diceritakan oleh sahabat memberikan perspektif yang baru dalam melihat banyak hal jadi kamu tidak melulu menggunakan sudut pandang yang tanpa terasa sudah usang.
     
  4. Mempelajari Hal Baru yang Beda dari Bidang Keahlian

    Menjadi dokter itu keren. Menjadi seniman itu luar biasa. Menjadi akuntan itu hebat. Apapun keahlian yang dimiliki membuat kamu menjadi pribadi yang dikagumi. Tapi ingat, keahlian dan profesi yang digeluti dalam waktu lama dapat menjadi pemicu macetnya ide kreatif. Itulah alasannya meskipun ahli di suatu bidang, tidak ada salahnya untuk mencoba keahlian lain yang beda dari rutinitas meskipun dengan alasan iseng-iseng.

    Misalnya saja jika sehari-hari kamu merupakan auditor independen perusahaan yang selalu menggunakan pikiran logis dan analitis untuk melakukan tugas, ketika senggang cobalah mengasah keahlian dalam bidang yang lebih santai seperti bermain catur. Kedua kegiatan tersebut sama-sama membutuhkan ketelitian dan analisa. Namun, permainan catur mengajarkan hal lain yang mungkin tidak ditemui di bidangmu: strategi dan kesabaran. Pelajaran baru inilah yang membuka pikiran sehingga lebih open-minded dalam melihat sesuatu dan akhirnya lebih bebas berekspresi dan berkreasi (3).

    Berpikir kreatif adalah kunci bagi kehidupan yang dinamis dan terus maju. Jadi, jagalah agar kreativitas tidak tertidur atau bahkan mati dengan cara berani keluar dari comfort zone yang memang nyaman, namun bisa mematikan.

    Agar pikiran selalu segar jangan lupa juga mengkonsumsi suplemen tinggi vitamin B apalagi yang berbentuk effervescent untuk dilarutkan dalam air dingin. Rasanya yang segar bikin semangat berkobar dan kreativitas makin memancar.

Reference:

  1. 6 Ways to Boost Your Creative Thinking diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.inc.com/jason-surfrapp/6-ways-to-boost-your-creative-thinking.html
  2. 10 Surprising Ways to Transform Your Creative Thinking diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.fastcompany.com/3028465/10-surprising-ways-to-transform-your-creative-thinking
  3. Hoe to Boost Your Creativity diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.verywellmind.com/how-to-boost-your-creativity-2795046

Beli Berocca Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tambahan tenaga dari Berocca secara online.

Beli Sekarang
Temukan

Hidup Penuh Energi

Sering merasa sangat kelelahan? Gali pengetahuan untuk mendapatkan energi lebih banyak. Pelajari tentang penambah energi alami untuk kebutuhan harianmu.

Footer Burst Image